Sabtu, 07 Maret 2015

Batako



BATAKO

Batako merupakan salah satu bahan bangunan penyusun untuk dinding pada bangunan/gedung. Seperti paving block, batako berasal dari kata bata concrete atau bata beton dalam bahasa teknik sering disebut bataton. Bata ini tidak dibuat dari tanah liat seperti umumnya bata merah, tetapi campuran bahan pembuatan batako atau bataton ini layaknya beton, yaitu pasir, semen, kericak dan air. Beberapa produsen batako ada juga yang memproduksi tanpa menggunakan kericak, tapi hasilnya kurang bagus jika dibandingkan dengan batako yang bahan penyusunnya seperti membuat beton.
 Definisi Batako Berdasarkan PUBI 1982
Bata yang dibuat dengan mencetak dan memelihara dalam suasana  lembab, campuran tras, kapur dan air dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya.
Batako berlubang adalah batako yang mempunyai luas penampang lubang dan isi lubang, masing- masing tidak melebihi 25% dari seluruh luas penampang dan seluruh isi batanya.
Pada definisi berdasarkan PUBI 1982 di atas, terdapat istilah   tras. Tras sendiri adalah suatu bahan bangunan yang secara visual  mirip pasir tetapi mempunyai kandungan zat yang mendekati semen, sehingga reaksi tras dengan kapur menghasilkan suatu bahan ikat yang baik. Pada Perkembangan selanjutnya batako dibuat dengan takaran bahan semen, pasir, kericak 0,5 dan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar