Jumat, 06 Maret 2015




Untuk meningkatkan kekuatan terhadap sifat getasnya, dan mengurangi berat per buah batako maka pada perkembangannya batako dimodifikasi dengan tambahan campuran bahan sebagai berikut :

—- Batako dengan campuran styrofoam
—- Batako dengan campuran sekam padi
—- Batako dengan campuran serat ijuk

Batako, pada dasarnya sama dengan paving block, penggunaannya sebagai penyusun dinding membuat produk batako mempunyai bentuk dan ukuran  yang berbeda dari paving block.Dinding difungsikan sebagai penahan gaya horisontal baik gaya akibat angin maupun gempa. Untuk itu pada struktur bangunan tahan gempa, dinding tidak diperbolehkan mengalami perubahan bentuk. Apabila dinding tidak mampu menahan gaya lateral, maka akan terjadi pergeseran yang akan mengakibatkan gangguan pada balok maupun kolom. Gangguan ini kemudian bisa berakibat pada kegagalan struktur jika balok maupun kolom pada bangunan berkualitas jelek.Batako kait (Interlock block) adalah material penyusun dinding yang mempunyai pengait untuk mengunci pergerakan akibat gaya. Interlock block merupakan pengembangan dari batako dengan menambahkan lips pada sisi-sisi tertentu sebagai pengunci
.
Makin berkembangnya pembuatan batako atau bataton saat ini bisa dilihat dari produk-produk bata di pasaran yang sudah menggunakan sistem interlock. Dengan sistem interlock pemasangan bata lebih cepat, akurat dan presisi.Sementara bata beton dari segi harga memang lebih mahal dari bata merah biasa. Keunggulan jenis bata ini yaitu ukuran dan kualitasnya lebih terjamin karena produksi pabrik. Ukurannya pun cenderung lebih besar dari bata merah, sehingga jumlah penggunaan  per meter persegi lebih sedikit. Diharapkan dengan modifikasi bentuk batako atau bata beton dengan sistem interlock dapat mengurangi kerusakan pada dinding akibat gempa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar